Rabu, 29 Desember 2010

Besok, Pasar Modern Kampung Padang Diresmikan

Pasar Modern Kampung Padang di Jalan Tuanku Tambusai Desa Rambah Tengah Utara Kecamatan Rambah diresmikan pemakaiannya oleh Bupati Rohul Drs H Achmad MSi, Rabu (29/12) sekitar pukul 09.00 WIB.
Direncanakan, peresmian pemakaian pasa ini dihadiri Ketua DPRD Rohul H Hasanuddin Nst SH,  Muspida, Ketua LAMR Rokan Hulu Hasyim Lembak,
Ketua MUI Drs H Barmawi Arif dan tokoh masyarakat setempat.
Direktur Perusda Rokan Hulu Jaya Nasrul Hadi ST MT yang dikonfirmasi Riau Pos, Senin (27/12) menyebutkan, Pemerintah Kabupaten  Rokan Hulu telah menyerahkan secara penuh pengelolaan Pasar Modern Kampung Padang kepada Perusda Rokan Hulu Jaya selaku BUMD.
Menurutnya, Perusda Rokan Hulu Jaya siap untuk mengelola pasar modern yang menjadi kebanggaan masyarakat Rokan Hulu, dalam rangka menambah penerimaan pendapatan asli daerah (PAD).
Nasrul mengaku telah melakukan sosialisasi kepada para pedagang yang kini menggelar barang dagangan di Pasar Simpang Tugu dan Pasar Kampung Padang. Mereka  nantinya akan menempati Pasar Modern Kampung Padang.
‘’Para pedagang sudah menyatakan siap untuk pindah ke tempat yang baru di Pasar Modern Kampung Padang yang dibangun oleh pemerintah daerah, dengan membuat surat pernyataan tertulis kepada Perusda Rokan Hulu Jaya. Sekarang kita sedang melakukan kroscek terhadap para pedagang yang telah didata. Apakah mereka itu benar-benar pedagang Pasar Kampung Padang atau Pasar Simpang Tugu,’’ ujarnya.
Setelah Pasar Modern Kampung Padang diresmikan oleh Bupati Rohul, ujarnya,  akan dilakukan pencabutan undian untuk menentukan lapak atau kios tempat bagi para pedagang untuk berjualan. Namun, diakuinya tidak semua pedagang digratiskan berjualan di pasar tersebut.
‘’Hanya pedagang sayur mayur yang digratiskan. Sebab,  mereka hanya menempati lapak tempat jualan dengan ukuran 1,5 meter kali 1,5 meter. Mereka cuma dikenakan retribusi kebersihan dan keamanan,’’ tuturnya.
Sedangkan untuk pedagang yang menempati kios, mereka dikenakan sewa yang nantinya ditetapkan oleh Perusda Rokan Hulu Jaya. Selain itu, juga dikenakan biaya kebersihan, keamanan, dan listrik.
‘’Pemkab Sudah menyerahkan pengelolaannya ke Perusda Rokan Hulu Jaya. Jadi yang menentukan harga sewa Kios, adalah pengelola Pasar Modern Kampung Padang. Direncanakan awal Januari 2011, pasar tersebut sudah dapat ditempati oleh para pedagang,’’ ujarnya.
Ia menambahkan, lapak gratis yang diberikan kepada pedagang sayur-mayur di Pasar Modern Kampung Padang, terutama bagi para pedagang yang menjual hasil pertanian, merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah dalam membantu masyarakat yang ekonominya lemah.
‘’Setelah diresmikan pemakaiannya, kita akan undang seluruh pedagang yang akan berjualan di Pasar Modern untuk melakukan pencabutan undian untuk menentukan tempat atau lokasi bagi pedagang dalam menjual dagangannya,’’ ujar Nasrul.(epp)

Sumber : Riau Pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar